Biasanya benda atau brang palsu akan dibuat dengan semirip mungkin dengan yang asli. contohnya saja uang palsu, uang palsu hampir tidak bisa dibedakan dengan mata telanjang. selain uang, kini sudah marak adanya ijazah palsu, kita harus pintar-pintar membedakan mana ijazah asli dan mana ijazah palsu. Nah, biar jadi gambaran dan menjadi lebih hati-hati mari kita bahas bagaimana cara mengecek antara ijazah asli dan ijazah palsu.

 

Pertama

Dengan memperhatikan form kertas ijazah. Kertas ijazah asli dikeluarkan oleh perusahaan kertas milik negara yang kemudian di beri tanda khusus berupa logo atau hologram. Jenis kertas dan warna kertas ijazah asli memiliki kualitas dan ciri-ciri yang telah di tetapkan pemerintah.

Kedua

Lambang dan logo pada ijazah asli sudah di stempel langsung didalam kertas. Sehingga menyatu menjadi bagian yang tidak terpisahkan.
Sementara jika ijazah palsu akan kelihatan menggunakan hologram yang di reka sedemikian rupa dan ditempelkan pada bagian tertentu serta logo yang di cetak belakangan.

Ketiga

Nomor seri yang tertera pada ijazah. Terporator atau sistem pengkodean pada ijazah sudah melalui proses pemeriksaan dan penentuan jenis ijazah sesuai standar nasional. Sama halnya dengan pencetakan uang yang sudah memiliki nomor seri yang berbeda pada setiap lembarnya. Jadi bisa dipastikan jika ada ijazah dengan nomor seri yang sama, maka salah satunya pasti ijazah palsu.

Cara diatas adalah beberapa langkah untuk mengecek keaslian ijazah secara fisik dan offline. Namun ijazah palsu terkadang sulit dibedakan dengan yang asli karena kecanggihan teknologi yang dipakai dalam proses pembuatannya. Apalagi jika kita tidak jeli dan kurang perhatian. Semoga ulasan yang sedikit ini bisa bermanfaat dan manambah ketelitian kita. Sukses untuk kalian semua 😉