JENIS JENIS PASPOR

Jenis-Jenis Paspor – Kita pasti sudah sering mendengar kata paspor. Tapi, apakah paspor itu sebenarnya? Paspor merupakan identitas suatu warga negara yang digunakan saat hendak melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor ini bisa digunakan berulangkali selama masa berlakunya masih ada.

Paspor yang akan digunakan untuk perjalanan kenegaraan akan diterbitkan oleh Departemen Luar Negeri, sementara paspor untuk umum yang bukan dimaksudkan untuk perjalanan kenegaraan akan diterbitkan oleh kantor imigrasi setempat.

Adapun jenis-jenis paspor yang berlaku di Indonesia bisa Anda lihat seperti yang ada di bawah ini, antara lain:

Paspor Hijau atau Paspor Biasa

Paspor hijau atau paspor biasa ini merupakan paspor yang banyak dimiliki oleh masyarakat umum di Indonesia, dimana paspor ini bisa digunakan untuk berkunjung ke luar negeri.

Paspor Biasa ini terbagi menjadi 2 jenis, yakni paspor biasa dan paspor biasa elektronik yang kemudian disebut dengan e-paspor. Masa berlaku paspor biasa adalah 5 tahun sehingga Anda perlu memperpanjangnya setiap 5 tahun sekali. Namun, jika Anda baru pertama kali hendak membuatnya, Anda bisa langsung mendatangi kantor imigrasi setempat untuk melakukan pendaftaran secara manual atau bisa juga secara online.

Paspor Biru atau Paspor Dinas

Paspor Biru atau Paspor Dinas ini adalah paspor yang diperuntukkan bagi PNS serta konsultan pemerintahan yang hendak melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Paspor ini sifatnya tidak diplomatik dan untuk membuatnya Anda harus melampirkan surat bukti kelulusan beasiswa, ijin atasan, SP setneg, LoA, Guarantee Letter dan lain sebagainya.

Paspor Dipomatik

Nah, kalau Paspor Diplomatik ini merupakan paspor yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar negeri untuk seseorang yang hendak melakukan perjalanan diplomatik.