MAP RAPORT JOGJA-IJAZAH-AGENDA - LAMTORO
PEMBUATAN MAP RAPORT - IJAZAH - AGENDA - SAMPUL PLASTIK

Manfaat dan Kegunaan Akta Kelahiran

Ketika anak lahir, hal pertama yang orang tua akan cari atau urus adalah membuat akta kelahiran anak. Mengurus akta kelahiran anak bersifat wajib. Mengapa wajib? karena akta kelahiran memiliki manfaat dan kegunaan tersendiri. Bagaiaman? sudahkah mengurus akta kelahiran untuk si buah hati Anda?

Manfaat utama dari akta kelahiran adalah :

  • Menunjukkan hubungan hukum antara si anak dengan orang tuanya. Di dalam akta kelahiran tersebut disebutkan siapa bapak dan ibu dari si anak. Jadi akta kelahiran menentukan status hukum seseorang.
  • Merupakan bukti awal kewarganegaraan dan identitas diri pertama yang dimiliki anak. Akta kelahiran membuktikan bahwa si anak lahir di Indonesia dan menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Sedangkan kegunaan akta kelahiran adalah :

  • Salah satu syarat untuk bersekolah bagi si anak mulai dari sekolah taman kanak – kanak sampai dengan perguruan tinggi.
  • Salah satu syarat pembuatan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk (KTP)
  • Untuk melamar pekerjaan termasuk menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Indonesia (POLRI)
  • Untuk penggunaan hak pilih
  • Pengurusan hak waris
  • Pembuatan paspor
  • Melaksanakan perkawinan
  • Pembuatan SIM

Akta kelahiran sebagai bukti otentik
Pencatatan kelahiran merupakan dasar bagi pengakuan legal oleh negara atas keberadaaan seseorang. Pencatatan kelahiran memberikan bukti yang otentik serta memiliki kekuatan hukum yang sempurna atas jati diri seseorang.
Akta kelahiran memberikan bukti sempurna tentang kelahiran seorang anak dari perkawinan suami istri. Dengan di catatnya peristiwa kelahiran dalam register catatan sipil maka baik yang bersangkutan maupun orang lain yang berkepentingan memiliki bukti tentang kelahiran tersebut.
Kekuatan bukti sempurna dari akta kelahiran ini diartikan bahwa isi akta ini dianggap benar oleh hakim kecuali jika terbukti sebaliknya di pengadilan yang memiliki kekuatan hukum yang tetap. Dengan demikian hakim harus mempercayai akan kebenaran akta tersebut sampai ada bukti lawan (sebaliknya) yang dapat menggugurkannya.

Demikian informasi tentang manfaat dan kegunaan memiliki akta kelahiran. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARSIP

HEAD OFFICE


Karangakalasan RT 02 / RW 06 Tirtomartani (Belakang POM Bensin Karangkalasan) Kalasan Sleman Yogyakarta, INDONESIA Kode Pos: 55571

Phone : 081392929993

e-mail : jelamtoro@ymail.com / sampulplastiklamtoro@yahoo.co.id