MAP RAPORT JOGJA-IJAZAH-AGENDA - LAMTORO
PEMBUATAN MAP RAPORT - IJAZAH - AGENDA - SAMPUL PLASTIK

Manfaat KTP Anak

ktp anak

ktp anak

KTP pada awalnya hanya diwajibkan untuk warga Indonesia diatas umur 17 tahun. Mengingat fungski KTP adalah sebagai tanda penduduk, kini umur dibawah 17 tahun juga diharuskan mempunyai KTP. Namun namanya bukan KTP lagi, tapi KIA (Kartu Identitas Anak). Apa manfaatnya?

Mengutip dari situs resmi Kementrian Dalam Negeri, KIA diterbitkan dengan tujuan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak. Hal ini juga disebabkan ada fakta bahwa 56 juta anak, atau lebih dari 50% dari total populasi anak di Indonesia, tak punya akta kelahiran, mendorong Kemendagri untuk menerbitkan KIA. Kartu ini bisa dianggap melengkapi akta kelahiran karena ada keterangan alamat di dalamnya.

KIA dibagi berdasarkan rentang usia, yaitu usia 0-5 tahun dan usia 5-17 tahun. Tahap pembuatannya mudah, bagi anak batita yang belum memiliki KIA, cukup menunjukkan kutipan akta kelahiran yang asli dan photocopynya, Kartu Keluarga (KK) asli orang tua/wali, dan KTP orang tua/wali. Sedangkan untuk anak yang sudah berusia 5 tahun ke atas, persayaratannya sama dengan anak batita, dan menyertakan 2 lembar pas foto berwarna.

Salah satu kegunaan dari KIA ini adalah untuk kemudahan akses BPJS bagi anak, tanpa harus membawa fotokopi Kartu Keluarga orang tua lagi. Selain itu, kegunaannya juga bisa untuk transaksi keuangan, atau mendaftar sekolah sehingga mendorong anak jadi mandiri.

Demikian pembahasan tentang manfaat KTP anak, semoga bermanfaat.

Lamtoro bergerak dalam bidang pengerjaan plastik di antaranya mengerjakan map Raport Kurikulum 2013 ( Kurtilas ) , Map Ijazah, sampul Agenda, Sampul Paspor dan dan produk yang berhubungan dengan Plastik dan apabila membutuhkan bisa menghubungi Bpk. Jelamtoro WA. 0813 9292 9993. Yang beralamat Jl Solo km 13 Karang Kalasan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARSIP

HEAD OFFICE


Karangakalasan RT 02 / RW 06 Tirtomartani (Belakang POM Bensin Karangkalasan) Kalasan Sleman Yogyakarta, INDONESIA Kode Pos: 55571

Phone : 081392929993

e-mail : jelamtoro@ymail.com / sampulplastiklamtoro@yahoo.co.id