PROSEDUR PEMBUATAN PASPOR BAYI

Paspor Bayi – Pernahkah Anda mendengar dengan istilah paspor bayi? Lalu bagaimana cara pembuatannya? pembuatan paspor bayi bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara offline dan secara online.
Untuk para orang tua, sudahkah mengetahui cara pembuatan paspor bayi? Jika belum, kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pembuatan paspor bayi secara offline maupun online.

Pembuatan secara online atau offline

Pembuatan paspor bayi secara online bisa dilakukan di www.imigrasi.go.id dengan langkah sebagai berikut:

  1. Scan dokumen yang diperlukan tersebut dengan format *.jpeg, *.gif, atau *,bmp dengan ukuran tidak lebih dari 2 MB>
  2. Pilih menu: Layanan Publik – Layanan Online – Layanan Paspor Online – Pra Permohonan.
  3. Isi formulir yang tersedia dan upload tiap file yang dibutuhkan. Untuk bayi, pilih “NIK” sebagai kartu identitas dan masukkan NIK yang tersedia di Kartu Keluarga. Masa berlaku disamakan dengan masa berlaku KTP orangtua.
  4. Perhatikan “KOLOM KANIM” yang merupakan tempat tujuan pembuatan paspor, contohnya Kanin Jakarta Barat, berarti proses pembuatan paspor ditujukan di kantor Imigrasi Jakarta Barat.
  5. Cetak tanda terima pra permohonan.
  6. Bawa konfirmasi permohonan dan bayar ke bank yang ditunjuk. Setelah itu, bank akan memberikan stempel lunas.
  7. Bukti pembayaran dilampirkan saat jadwal interview. Di mana jadwal interview dan foto akan dipilih sesuai tanggal yang available di kantor imigrasi masing-masing.
  8. Datang ke kantor imigrasi yang dipilih, yaitu tiga hari setelah mengisi formulis dengan membawa fotokopi dokumen, termasuk aslinya dan tanda terima pra permohonan.

Jika kamu melakukan pembuatan paspor bayi secara oflline, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Bawa dokumen persyaratan untuk pemeriksaan berkas di hari pertama.
  2. Pembayaran, foto, dan wawancara dilakukan pada hari kedua.
  3. Pengambilan dilakukan setelah 3 hari kerja.
  4. Melampirkan surat pernyataan tertulis dengan materai Rp 6.000 dari orangtua.

Masa berlaku paspor bayi juga sama seperti paspor orang dewasa, yaitu 5 tahun. Nggak ada denda yang harus dibayar jika masa berlaku paspor habis, tapi 6 bulan sebelum habis masa berlaku, paspor bayi kamu sudah nggak bisa digunakan lagi. Setelah itu, jangan lupa diperpanjang, ya! Jika sekeluarga sudah punya paspor, tentunya mau ke mana aja juga bisa.