Tips Merawat Foto Agar Tetap AwetTips Merawat Foto Agar Tetap Awet

Map Raport – Foto merupakan suatu kenangan disetiap berbagai moment bersama keluarga atau sahabat. Tentunya memiliki foto adalah hal yang berharga. Agar tetap awet dan tidak mudah luntur berikut tipsnya.

 


1. Hindari foto dari sinar matahari langsung
Sinar UV dapat memudarkan warna dan merusak foto maupun bingkai. Jangan taruh foto dekat jendela atau pintu yang terkena matahari langsung.

2. Hindari foto dari kelembaban
Lembab dapat menyebabkan masalah seperti timbulnya bercak-bercak pada foto akibat jamur. Hindari menaruh foto di sekitar kamar mandi atau washtafel. Trik yang bisa Anda lakukan, mengalasi foto dengan kertas koran atau tisu yang lebih banyak menyerap air diantar foto dan bingkai.

3. Hati-hati menggunakan pembersih kaca
Pembersih kaca dengan cara disemprotkan dapat menjadi masalah jika cairan pembersih masuk melalui sla-sela bingkai.

4. Jangan tumpuk bingkai foto
Jika ingin menyimpan bingkai, hindari cara menumpuk karena mengakibatkan gesekan antar bingkai. Dan bila ingin dipindahkan bungkus bingkai dengan handuk atau koran.

5. Back-up foto
Jika foto berbentuk digital, back-up/gandakan foto ke bayak tempat, seperti hard disk, cd, dvd, dan bahkan media penyimpanan di internet (facebook, friendster, email) karena dapat memudahkan dalam mencari jika hilang.

6. Oleskan foto dengan putih telur
Sebaiknya kertas hasil foto dioleskan putih telur agar lebih mengkilat dan tahan lama. Jika tidak lapisi dengan plastik laminating, tapi biasanya hanya untuk foto berukuran besar.

7. Simpan foto dalam album
Lebih baik jika foto disimpan dalam album dan dikelompokkan agar lebih teratur. Cara ini untuk menjaga kualitas foto karena tidak banyak tersentuh tangan secara langsung.

Lakukan tips diatas secar berkala, cukup 3-6 bulan sekali Anda meluangkan waktu untuk itu. Dijamin foto Anda tidak akan rusak dan masih dapat dinikmati oleh mata