Cara Tepat Memilih Paper Clip

Cara Tepat Memilih Paper Clip – Setelah mengetahui manfaat menggunakan paper clip, selanjutnya kita akan membahas cara tepat memilih paper clip yang sesuai dengan kebutuhan anda. Simak yuk ulasan berikut.

Sesuaikan ukuran klip dengan kertas dan ketebalan dokumen

Sesuaikan ukuran klip dengan kertas dan ketebalan dokumen

Gem clip dari produsen yang sama bisa tersedia dengan ukuran bervariasi. Anda bisa menemukan gem clip ukuran kecil (sekitar 23 mm) hingga ukuran besar (sekitar 50 mm). Paper clip berukuran besar bisa Anda pakai sebagai penanda atau pembatas dokumen. Namun, Anda akan kesulitan untuk melepas dokumen dengan gem clip besar jika dokumen yang Anda satukan terlalu sedikit.

Pilihlah ukuran paper clip berdasarkan ukuran kertas. Anda juga bisa memilih paper clip berdasarkan ketebalan dokumen yang Anda inginkan saat ditumpuk.

Pilih klip dengan bahan yang mudah digunakan

Pilih klip dengan bahan yang mudah digunakan

Berdasarkan bahan yang digunakan, paper clip dibagi menjadi tiga jenis, yaitu logam, plastik, dan kertas. Logam memiliki daya tahan tinggi sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu lama. Namun, karena logam merupakan material yang dimampatkan, bahan logam akan berkarat jika disimpan di tempat lembap. Jika Anda menyimpan paper clip logam di tempat terbuka dengan kondisi lembap, berhati-hatilah walaupun mudah diakses.

Paper clip bahan plastik bisa memiliki warna-warni yang indah, tahan air, serta ringan sehingga mudah untuk dibawa. Namun, bahan plastik mudah berubah bentuk jika terkena panas. Selain itu, bahan plastik juga sulit didaur ulang. Paper clip berbahan kertas mudah dibawa karena ringan. Bahan kertas cukup menarik karena ramah lingkungan serta bisa didaur ulang dengan mudah ke dalam tanah. Namun, bahan kertas memiliki daya tahan rendah sehingga tidak awet.

Saat ini telah tersedia paper clip dengan bahan kertas yang dibuat dengan silikon. Jika dilengkapi magnet, paper clip seperti ini bisa dipakai untuk berbagai tujuan. Karakteristik lainnya adalah bahan yang ringan, tahan lama, dan tidak meninggalkan bekas jepitan pada dokumen. Jika Anda memilih paper clip tipe yang dilengkapi magnet, Anda perlu berhati-hati, terutama di lingkungan kerja yang dipengaruhi oleh efek medan magnet.

Pilih desain dan warna yang dapat meningkatkan suasana hati

Pilih desain dan warna yang dapat meningkatkan suasana hati

Anda bisa memilih paper clip sesuai desain atau warna yang lucu. Hal ini akan memudahkan Anda saat memisahkan dokumen berdasarkan warna atau sekadar menambah koleksi. Bagi Anda yang menggunakan paper clip untuk keperluan resmi, pilihlah paper clip dengan desain yang mudah dipakai. Jika Anda menggunakan paper clip dengan kreatif, Anda bisa memakai paper clip untuk keperluan yang tidak terbatas.

Paper clip merupakan bagian dari ATK yang sering digunakan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan paper clip di tempat Anda bekerja atau di rumah. Paper clip tidak hanya berfungsi sebagai peralatan kantor biasa, tetapi bisa membawa kegembiraan di tempat kerja Anda.