Inspirasi Cover Buku MenarikINSPIRASI COVER BUKU MENARIK

Cover Buku Menarik – Dari beberapa yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, yaitu tentang beberapa panduan membuat cover novel. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar cover novel kita menarik, bahkan disukai oleh banyak konsumen.

  • Resapi cerita dan judul novel

Untuk menghasilkan desain cover novel yang istimewa, sebaiknya resapi dulu cerita dalam novel. Jika novel tersebut bukan karya kalian sendiri, cobalah untuk membaca sinopsis yang dibuat oleh penulis. Dari sinopsis, kalian tentu akan mendapatkan gambaran mengenai cerita  seluruhnya. Dari situlah tentukan desain cover novel yang sesuai dan mendukung cerita.

Ingatlah, cover novel menjadi bagian penting yang akan dilihat pertama kali sebelum membaca isi novel. Karena itu, buatlah pembaca penasaran dan ingin tahu lebih banyak lagi mengenai isi cerita di balik cover novel. Buatlah para pembaca menoleh dan mendekat karena terpikat cover novel yang kalian buat.

  • Kenali pembaca novel kalian

Siapa saja yang cocok membaca novel kalian? Para remaja ataukah orang dewasa? Dengan mengenali siapa pembaca novel kalian, tentu semakin mudah untuk menentukan tema desain cover novel, warna yang digunakan dan juga foto atau ilustrasi untuk cover novel. Tema yang sesuai dengan karakter pembaca, pastinya juga akan lebih disukai.

Membuat Cover Novel

photo doc: sribu.com

  • Pilih foto yang berkualitas

Foto menjadi elemen penting dalam penggunaan aplikasi membuat cover novel. Karena itu pilihlah foto yang menarik dan berkualitas tinggi. Jika perlu, gunakan jasa fotografer profesional untuk mendapatkan foto yang unik. Tentu saja tema foto sebaiknya harus sesuai dengan isi novel. Karena itu, sodorkan sinopsis novel kepada fotografer supaya ia mendapatkan gambaran mengenai isi novel. Kalian juga bisa memberikan ide-ide segar agar diperoleh foto yang mendukung isi novel.

  • Gunakan ilustrasi sebagai pengganti foto

Cover novel tak harus selalu menggunakan foto. Kalian bisa memakai ilustrasi berupa gambar sketsa atau lukisan. Untuk kebutuhan ini, gunakanlah jasa ilustrator yang telah berpengalaman agar mendapatkan hasil yang optimal. Jangan lupa untuk menyodorkan sinopsis novel agar ilustrator bisa membuat ilustrasi yang relevan dengan isi novel. Nantinya ilustrasi tersebut dapat diolah dengan aplikasi membuat cover novel seperti Photoshop.

Membuat Cover Novel Online

photo doc: sribu.com

  • Pilih warna yang mendukung isi novel

Apakah warna yang ingin kalian usung untuk desain cover novel? Sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih warna. Pilihlah warna yang menggambarkan isi novel dan menggugah rasa ingin tahu orang yang melihat cover novel tersebut. Misalnya saja warna hitam lebih cocok untuk novel misteri atau novel bergenre horor dan warna pink lebih cocok untuk cerita remaja seputar pertemanan serta percintaan.

  • Gunakan jenis font yang sesuai

Selain memilih warna yang tepat, gunakan pula jenis font yang sesuai. Biasanya aplikasi membuat cover novel seperti Photoshop memiliki koleksi font yang beragam. Kalian juga bisa menambahkan koleksi font dengan mengunduh dari situs-situs penyedia aneka jenis font.

  • Pilih percetakan yang profesional dan berkualitas

Tentu akan sangat mengecewakan jika hasil cetak cover novel ternyata tak sebagus desain yang kalian buat dengan susah payah. Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih percetakan untuk mencetak cover novel dan novel kalian. Mintalah beberapa contoh buku atau novel yang telah mereka cetak untuk melihat kualitas percetakan tersebut. Dengan cara ini, hasil desain cover novel kalian akan dicetak dengan hasil yang optimal.

Aplikasi Membuat Cover Novel

photo doc: sribu.com

Dari uraian ini apakah kalian semakin tertarik untuk belajar membuat cover novel seperti layaknya novel best seller? Tentu saja tak cukup hanya sekali saja mencoba mendesain cover novel, kalian perlu berlatih berkali-kali hingga mendapatkan hasil desain cover novel yang berkualitas.

Satu hal yang paling sulit dalam tahapan mendesain cover novel ini adalah mendapatkan ide yang benar-benar kreatif dan mampu memancing rasa ingin tahu pembaca. Jika kalian ternyata masih kurang puas dengan hasil desain cover novel sendiri, kalian bisa menggunakan jasa desain grafis. Jasa desain grafis yang sudah berpengalaman akan membantu kalian mewujudkan cover novel seperti halnya cover novel-novel best seller.