Macam Macam Amplop SuratMACAM MACAM AMPLOP SURAT

Amplop Surat – Jika Anda mengetahui, amplop surat adalah pembungkus yang biasanya digunakan untuk membungkus surat atau benda lain yang akan dikirimkan. Biasanya lebih sering dijaman dulu bukan aktivitas kirim mengirim surat? Nah membahas soal amplop surat, berikut ini adalah beberapa jenis dan macam dari amplop surat yang perlu Anda ketahui.

Jenis Amplop Surat

Berdasarkan model dari amplop yang akan Anda gunakan, pembungkus surat ini, dibedakan dalam dua jenis, yaitu amplop biasa dan amplop berjendela. Amplop biasa merupakan jenis amplop dengan bagian permukaan secara keseluruhan terbuat dari bahan kertas tertentu, sehingga untuk menuliskan tujuan pengiriman, Anda dapat secara langsung menuliskan pada bagian permukaan depan amplop tersebut. Berbeda dengan amplop biasa, amplop berjendela merupakan jenis amplop dimana pada bagian penulisan alamat tujuan, akan diberikan sebuah plastik seperti layaknya sebuah jendela.

Pada bagian jendela amplop inilah nantinya alamat tujuan, yang dituliskan pada surat dapat Anda lihat. Amplop jenis ini biasanya banyak digunakan oleh sebuah laboratorium untuk memberikan hasil pemeriksaan kepada pasien laboratorium tersebut. Selain kedua jenis amplop tersebut yang dibedakan berdasarkan modelnya, berikut ini kategori lain yang dapat Anda temukan dalam berbagai jenisĀ amplop surat, yaitu amplop yang dibedakan berdasarkan ukurannya.

Baca juga : WA 0813 9345 5545 SAMPUL STNK LAMTORO DI GUNUNGKIDUL, SAMPUL STNK MURAH DI GUNUNGKIDUL, PABRIK SAMPUL STNK DI GUNUNGKIDUL.

Mengenal Berbagai Jenis Amplop Surat dan Fungsinya

Adapun jenis amplop surat berdasarkan ukurannya dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Amplop resmi, jenis amplop ini biasanya banyak digunakan oleh berbagai perkantoran untuk dapat memberikan surat kepada mitra mereka. Ukuran dari amplop ini, biasanya akan dapat mengcover ukuran kertas A$ sebagai media dalam penulisan surat.
  • Amplop kartu, amplop ini merupakan pembungkus yang biasa digunakan untuk membungkus berbagai kartu ucapan, dengan ukuran yang beragam. Amplop ini biasanya akan memiliki berbagai varian warna yang disesuaikan dengan warna kartu ucapan itu sendiri.
  • Amplop bisnis, merupakan jenis amplop yang biasanya akan memiliki bagian kop yang tertuliskan dari perusahaan yang memang memiliki dan menggunakan amplop tersebut.
  • Amplop pendek, amplop ini merupakan amplop dengan ukuran yang sangat mini, dimana fungsinya akan lebih sering digunakan untuk menyimpan ataupun mengirimkan dokumen kecil.
  • Amplop panjang, amplop ini berukuran seperti layaknya kertas berukuran F4, dimana biasanya akan lebih sering digunakan untuk membungkus surat lamaran pekerjaan.

Selain berdasarkan ukuran, amplop juga dibedakan berdasarkan media penutup yang terdapat dalam amplop itu sendiri. Dimana penutup pada amplop ini dapat Anda temukan dalam dua bentuk utama, yaitu penutup dengan model lem ataupun model kancing. Sedangkan fungsi dari amplop ini, akan bergantung pada kerahasiaan surat yang terdapat didalamnya. Untuk surat dengan tingkat kerahasiaan yang tinggi, amplop dengan lem akan lebih banyak dipilih untuk digunakan, sedangkan surat dengan kerahasiaan yang tidak terlalu tinggi, amplop berkancing akan lebih banyak digunakan.

Baca juga :