Menyimpan Dokumen Yang Aman

Menyimpan Dokumen Yang AmanMenyimpan dokumen penting pada umumnya diletakkan pada suatu tempat penyimpanan yang aman. Mengingat dokumen sangat penting bagi sebuah perusahaan atau perorangan. Bagaimana cara tepat menyimpan dokumen pada brankas yang tepat?

1. Cara Menyimpan Dokumen di dalam Brankas

cara menyimpan dokumen

Brankas adalah lemari atau kotak besi tahan api yang biasa dipergunakan untuk melindungi barang-barang berharga dari bahaya kebakaran dan pencurian atau pembongkaran seperti uang, surat-surat berharga, perhiasan, dan lain lain.

Brankas umumnya berbentuk kubus, balok atau silinder. Ada berbagai jenis brankas, dari yang kecil dan portabel, brankas yang dipasang di dinding, maupun brankas besar berbentuk ruangan. Cara menyimpan dokumen di dalam brankas adalah cara yang paling aman.

Jenis Jenis Brankas Berdasarkan Ketahanan

1). Steel Safes (brankas yang terbuat dari pelat besi/baja saja).

Brankas seperti ini tidak tahan api dan biasanya hanya di pergunakan untuk penyimpanan uang yang relatif sedikit untuk kebutuhan operasional usaha sekala kecil.

2). Fire Safes (brankas yang sudah di lengkapi dengan fitur tahan api).

Brankas jenis ini terlihat dari ketebalan body brankas dan bila di ketuk terasa ada isi dari body brankas tersebut.

3). Fire and Burglar Safes (Brankas yang masuk klasifikasi Tahan Api dan Tahan Dobrak).

Brankas jenis ini sangat di rekomendasikan untuk digunakan karena sudah memiliki keamanan yang relatif tinggi. Biasanya sudah di lengkapi fitur relocking (penguncian otomatis yang di design khusus).

Dari fisik brankas terlihat berdinding tebal, bahan pelat juga lebih tebal dari jenis Brankas Tahan Api.