Panduan Membuat Cover NovelPANDUAN MEMBUAT COVER NOVEL

Cover Novel – Jika kalian merupakan seseorang yang hobi membuat atau menolis novel. Pasti kalian membutuhkan desain untuk cover novel kalian bukan? Untuk itu, Anda harus belajar bagaimana cara membuat cover novel. Nah berikut ini adalah beberapa panduannya membuat cover novel.

Tutorial Penggunaan Aplikasi Membuat Cover Novel, Photoshop

Adobe Photoshop yang biasa disebut Photoshop adalah aplikasi yang dirancang secara khusus untuk mengedit foto atau gambar dan juga untuk pembuatan efek-efek. Dengan kemampuan tersebut, Photoshop bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan termasuk untuk membuat cover novel. Berikut cara mudah mendesain cover novel dengan aplikkasi membuat cover novel, Photoshop.

  1. Pertama-tama luncurkanlah aplikasi membuat cover novel, Photoshop.
  2. Kemudian tekan tombol Ctrl+N pada keyboard atau menu File > New.
  3. Lantas isikan ukuran untuk cover novel yang hendak kalian buat pada jendela New yang muncul. Tentu saja kalian bisa menyesuaikan ukuran cover novel sesuai dengan kebutuhan. Adapun informasi yang perlu diisikan meliputi:
  • Name    : Cover Novel
  • Width    : 29.7 cm
  • Height   : 21 cm
  • Resolution          : 300
  • Color Mode        : CMYK Color, 8 bit
  • Background Contents    : White
sribu1

photo doc: koleksi pribadi

  1. Jika informasi ukuran cover novel, resolusi, mode warna dan warna background sudah diisikan seluruhnya, klik tombol OK.
  2. Dengan cara yang sama, buatlah dokumen baru. Kali ini kita akan membuat bidang untuk ketebalan novel. Pilih menu File > New atau tekan tombol Ctrl+N. Pada jendela New, isikan informasi sebagai berikut:
  • Name            : Tebal Cover Novel
  • Width            : 1 cm
  • Height           : 21 cm
  • Resolution  : 300
  • Color Mode                : CMYK Color, 8 bit
  • Background Contents            : White
sribu2

photo doc: koleksi pribadi

  1. Jika sudah klik tombol OK.
  2. Berikutnya, kita akan memindahkan bidang Tebal Cover Novel ke dalam dokumen Cover Novel. Caranya, tekan tombol Ctrl+A atau pilih menu Select > All dan lanjutkan dengan menekan tombol Ctrl+C atau pilih menu Edit > Copy.
  3. Setelah itu, kembalikan ke jendela dokumen Cover Novel dan tekan tombol Ctrl+V atau pilih menu Edit > Paste.
  4. Karena warna bidang Cover Novel dan bidang Tebal Cover Novel sama, maka kalian tak bisa melihat perbedaan kedua bidang tersebut. Untuk itu, kita akan menambahkan garis tepi pada bidang Tebal Cover Novel. Caranya, pilih Layer 1 yang berisi bidang Tebal Cover Novel, lalu klik ikon Add a Layer Style dan pilih opsi Stroke.
    sribu3

    photo doc: koleksi pribadi

  5. Pada jendela yang muncul, masukkan nilai Size: 1 lalu klik tombol OK.
    sribu4

    photo doc: koleksi pribadi

  6. Lantas posisikan bidang Tebal Cover Novel di bagian tengah bidang Cover Novel dengan menggunakan Move Tool. Sesudah itu, kalian akan mendapati tampilan sebagai berikut. Inilah bidang awal untuk desain cover novel yang akan kita buat.
    sribu5

    photo doc: koleksi pribadi

  7. Langkah berikutnya, bukalah file foto yang akan digunakan sebagai cover novel dengan memilih menu File > Open.
    sribu6

    photo doc: all-free-download.com

  8. Jika file foto sudah terbuka, pilihlah menu Select > All atau tekan tombol Ctrl+A dan lanjutkan dengan memilih menu Edit > Copy atau tekan tombol Ctrl+C.
  9. Kembali ke jendela yang berisi bidang Cover Novel, tekanlah tombol Ctrl+V atau pilih menu Edit > Paste.
  10. Dengan menggunakan Move Tool, atur posisi foto cover sehingga tersusun rapi di cover novel bagian depan. Jika ukuran foto terlalu besar, kalian bisa menyesuaikan ukurannya dengan memilih menu Edit > Free Transform atau tekan tombol Ctrl+T. Ingat, buatlah foto tersebut menutupi bidang Tebal Cover Novel.
    sribu7

    photo doc: koleksi pribadi

  11. Beralih ke panel Layers, klik dan drag Layer 1 sehingga berada di atas Layer 2 yang berisi foto cover. Kemudian pilih salah satu opsi Blending Mode sehingga garis bidang Tebal Cover Novel terlihat dan berubah warna.
    sribu8

    photo doc: koleksi pribadi

  12. Sekarang, tambahkan teks judul novel dengan menggunakan Text Tool dan atribut-atribut yang dibutuhkan untuk cover depan novel. Tambahkan pula teks di bidang Ketebalan Cover Novel.
    sribu9

    photo doc: koleksi pribadi

  13. Tahap berikutnya kita akan membuat cover novel bagian belakang. Untuk itu, buka kembali foto yang digunakan untuk cover novel bagian depan dan tempatkan di bidang cover novel bagian belakang.
    sribut10

    photo doc: koleksi pribadi

  14. Lalu pilih menu Edit > Transform > Flip Horizontal untuk membalik foto tersebut.
  15. Lantas masukkan nilai Opacity: 50% untuk layer yang berisi foto bagian cover belakang novel.
    sribu11

    photo doc: koleksi pribadi

  16. Dengan menggunakan Text Tool, tambahkan teks untuk bagian belakang cover novel. Jika sudah, maka kalian telah berhasil menyelesaikan desain cover novel dengan menggunakan aplikasi Photoshop. Jangan lupa untuk menyimpannya dalam format JPEG untuk hasil akhir dan dalam format PSD sehingga nantinya kalian bisa mengeditnya kembali jika dibutuhkan.