Pengelolaan Arsip Di Lingkungan Perguruan Tinggi

PELATIHAN BORANG PC IAI SURAKARTA | iaisolo.idMap Raport –  Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemsyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pengelolaan Arsip Di Lingkungan Perguruan Tinggi

Pengelolaan Arsip Di Lingkungan Perguruan Tinggi pada dasarnya mempunyai tujuan agar pihak Pengelolaan Arsip Di Lingkungan Perguruan Tinggiperguruan tinggi mempunyai sistim kearsipan yang seiring dengan kemajuan teknologi yang mutakhir, sehingga pada pengelolaannya akan lebih mudah dan efisien dan penyimpaan arsip menjadi lebih teratur, tertata dan lengkap secara rekam jejaknya.

Dengan adanya Pengelolaan Arsip Di Lingkungan Perguruan Tinggi maka diharapkan adanya efektifitas dan efisiensi dalam penggunaan arsip sebagai sumber informasi dan juga adanya sistem yang mampu melindungi kelestarian arsip yang akan sangat berguna untuk sumber informasi dimasa mendatang yang dapat digunakan untuk kemajuan baik dari pihak universitas itu sendiri ataupun untuk kepentingan negara.

Fungsi arsip di lingkungan perguruan tinggi sendiri mencakuo dalam hal – hal sebagai berikut :

  • Melestarikan arsip yang ada dalam lingkungan perguruan tinggi.
  • Melakukan kegiatan pengembangan sistem kearsipan yang dinamis.
  • Melakukan pengelolaan arsip secara mandiri.
  • Menyelamatkan sumber – sumber kearsipan.
  • Melakukan transkripsi dan literasi arsip mandiri.

Pengelolaan Arsip Di Lingkungan Perguruan Tinggi harus dilakukan secara optimal dan juga sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Pengelolaan Arsip Di Lingkungan Perguruan TinggiSaat ini teknologi pengelolaan kearsipan sudah banyak yang menggunakan media elektronik sebagai media pengelolaan kearsipannya, seiring dengan perkembangan teknologi, pengelolaan arsip berbasis teknologi sudah sangat memenuhi aspek pengelolaan arsip yang efektif dan efisien.

Sebagai instansi pendidikan yang berdiri paling tinggi hendaklah sebuah perguruan tinggi sudah memulai langkah – langkah dalam pemanfaatan teknologi. Sebagai basis dari sistem pengelolaan kearsipan mereka. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan mengalih mediakan semua dokumen – dokumen yang ada dari media fisik ke media elektronik, karena syarat berjalannya sebuah pengelolaan dokumen elektronik adalah adanya dokumen eletronik yang akan dikelola.

Setelah itu pihak perguruan tinggi harus mempersiapkan sebuah sistem pengelolaan dokumen berbasiskan elektronik. Yang mampu mengelola semua dokumen eletronik tersebut dengan efektif dan efisien. Dengan adanya kedua aspek tersebut maka pengelolaan dokumen secara elektronik akan dapat dilakukan.

Akan tetapi permasalahan yang ada saat ini adalah kesiapan instansi perguruan tinggi dalam memenuhi kebutuhan tersebut diatas. Karena dilihat dari kebutuhannya hal tersebut tidak dapat dilakukan dengan waktu yang singkat dibutuhkan banyak persiapan dari proses alih media. Hingga membangun sebuah sistem pengelolaan dokumen elektronik tersebut.