Pengertian BPKBPENGERTIAN BPKB

Map Raport – Pada artikel sebelumnya sudah kita membahas mengenai bagaimana cara mengatasi jika BPKB kita hilang (Baca juga : Cara Mengurus BPKB Hilang). Nah sepertinya kita melupakan satu hal, yaitu pemahaman mengenai apa itu BPKB. Untuk itu, yuk simak ulasan berikut ini.

Apa Itu BPKB?

Pengertian BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)  itu sendiri seperti dikutip  dari laman www.polri.go.id  penerbitan BPKB dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia serta spesifikasi teknis dan pengadaan BPKB ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia bersamaan pendaftaran BPKB diberikan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK)  berisi identitas dan kepemilikan kendaraan bermotor berlaku selama tidak dipindah tangankan..

Selain memiliki nilai yuridis  BPKB juga sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang sah juga mempunyai nilai ekonomis artinya dapat dijadikan agunan / jaminan dalam transaksi keuangan seperti gadai BPKB mobil di lembaga keuangan resmi maupun perseorangan.

Dasar Hukum Apa yang Mengatur dibuatnya BPKB?

Dalam pembuatannya BPKB memiliki dasar hukum yang telah diatur oleh Undang-undang RI dan berikut dasar hukum terkait BPKB:

  1. Undang-undang RI No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  2. Undang-undang RI No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  3.  Inpres RI No. 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi.
  4. PP No. 50 Tahun 2010 tanggal 25 Mei 2010 tentang Jenis dan Tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Kep Menpan RI No. : Kep / 63 / M.Pan / 7 / 2003 tanggal 10 Juli 2003 tentang Pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik.
  6. Kep Menpan RI No. : Kep / 25 / M.Pan / 2 / 2004 tanggal 24 Februari 2004 tentang Pedoman umum penyusunan Indeks Kepuasan masyarakat untuk pelayanan instansi pemerintah.
  7.  Kep Menpan RI No. : Kep / 26 / M.Pan / 2 / 2004 tanggal 24 Februari 2004 tentang Jenis transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
  8. Surat Telegram Dirlantas Polri No.Pol : STR / 14 / II / 2007 tanggal 24 Januari 2007 tentang Jukrah dan laporan evaluasi terhadap Indeks kepuasan masyarakat kepada pelayanan publik di bidang SSB oleh Polri.
  9. Surat Telegram Kababinkam Polri No.Pol : ST / 175 / X / 2007 tanggal 8 Oktober 2007 tentang Berbagai upaya, kiat dan terobosan serta inovasi yang telah diambil dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
  10. Rencana kerja Direktorat Lalu Lintas Polda Riau Tahun 2010 bidang Registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

Apa Tujuan Dibuatnya BPKB?

Dalam pembuatannya BPKB memiliki tujuan tertentu. Adapun tujuan dibuatnya BPKB adalah sebagai berikut :

  1. Penyelenggaraan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor dalam bentuk BPKB adalah untuk kepentingan pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama yang berkaitan dengan penyelidikan/penyidikan pada kasus pelanggarandan kejahatan yang berkaitan dengan kendaraan bermotor.
  2. Perkembangan kejahatan semakin canggih dan kompleks, sehingga mengharuskan Polri mengerahkan segenap kekuatan untuk menanggulangi, antara lain melalui Registrasi dan Identifikasi lalulintas/pendaftaran Kendaraan Bermotor.
  3. Untuk itu perlu diambil langkah-langkah guna menyamakan persepsi dan tindakan dalam proses penerbitan BPKB terutama mekanisme dan prosedur penerbitan BPKB.