Tata kelola Dokumen Asuransi

Asuransi Perlu Jaga Tata Kelola Agar Bisa Realisasikan JanjiMap Raport –  Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik akan menciptakan iklim usaha yang sehat dan transparan berdasarkan etika usaha yang baik sekaligus berkontribusi dalam membangun kepercayaan dari Pemangku Kepentingan. Berikut ini tata kelola dokumen asuransi.

Pada umumnya perusahaan asuransi sendiri memiliki beberapa jenis produk antara lain :

1.   Asuransi jiwa, dimana pihak perusahaan asuransi memberikan keuntungan finansial kepada orang yang terdaftar atas kematian pihak tertanggung dalam hal ini nasabah., jadi pihak perusahaan asuransi akan memberikan produk asuransi bernilai dalam hal ini uang kepada pihak terdaftar yang telah meninggal dunia, namun ada juga peusahaan asuransi jiwa yang memungkinkan nasabah untuk mengklaim dana asuransi sebelum nasabah tersebut meninggal dunia.

2.   Asuransi kesehatan, Asuransi jenis ini biasanya untuk melindungi nasabah terdaftar dari tanggungan pembiayaan pengobatan dari resiko sakit, cedera, cacat maupun kematian, jadi produk ini dikhususkan untuk menangani masalah – masalah kesehatan saja, jadi pihak asuransi akan menanggung biaya pengobatan seorang nasabah terdaftar sesuai dengan kesepakatan yang dibuat sebelumnya.

3.    Asuransi pendidikan, asuransi ini merupakan produk jangka panjang dimana biaya yang harus dibayar oleh pihak tertanggung. Akan berpengaruh kepada jenis pendidikan apa yang akan didapatkan pada masa mendatang. Asuransi ini seperti tabungan masa depan untuk pendidikan biaya anak dimana kita mempersiapkan biaya pendidikan yang kedepanya akan terus naik tinggi, jadi ini merupakan solusi yang tepat untuk masa depan anak kita.

4.    Asuransi kendaraan, asuransi jenis ini adalah asuransi yang secara umum digunakaan untuk perlindungan kepada kendaraan yang kita miliki. Dengan menggunakan asuransi jenis ini maka nasabah akan mendapatkan perlindungan asuransi untuk kerusakan pada kendaraan. Kehilangan serta hal lainnya yang menyangkut keberadaan sebuah kendaraan. Dengan terdaftar pada asuransi jenis ini maka kendaraan kita akan mendapatkan biaya ganti atau klaim jika terdapat insiden – insiden yang terjadi sesuai dengan kesepakatan yang berlaku sebelumnya.

Tata kelola Dokumen Asuransi

Tata kelola Dokumen AsuransiDari banyaknya jenis asuransi seperti dijelaskan diatas maka sudah pasti dalam sebuah perusahaan asuransi memiliki banyak sekali dokumen – dokumen yang dikelola guna mendukung proses bisnis dalam perusahaan asuransi itu sendiri, salah satunya adalah dokumen asuransi yang merupakan merupakan bukti atau keterangan yang dibuat oleh perusahaan asuransi dalam bentuk tulisan, foto dan lain – lain yang berupa dokumen pembayaran, form proposal, polis, endrosment, renewal notice, insurance sertificate, laporan survey dan masih banyak lagi dokumen lainnya.

Jadi dalam Tata kelola Dokumen Asuransi diperlukan sebuah sistem yang mampu memberikan dan mempermudah permasalah ke kompleksan. Dokumen yang ada dengan membangun struktur bagian per masing – masing jenis dokumen. Ataupun dengan menggunakan data induk yang memuat semua data penunjang lainnyanya .

Misalkan seorang nasabah yang bernama budi akan mempunyai sebuah folder khusus untuk semua dokumen yang berhubungan dengan nasabah ini. Jadi dalam proses pencarian kembali informasi mengenai nasabah budi ini maka kita cukup mencari subjek dengan nama budi ini. Maka semua informasi mengenai budi akan didapatkan dari folder budi ini. Metode penamaan ini bisa digantikan dengan nomor atau kode tertentu yang bisa memberikan identitas khusus untuk sebuah entity atau subjek.