Tips Merapikan Kantor Untuk Lebaran Idul Fitri

Tips Merapikan Kantor untuk Libur Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri tentu merupakan hari yang banyak ditunggu, terutama oleh umat muslim. Namun momen hari raya ini ternyata juga ditunggu oleh siapa saja karena memberi kesempatan menikmati libur panjang. Sehingga sekali dalam setahun bisa berlibur di rumah untuk rehat maupun mengunjungi rumah sanak famili selama seminggu penuh.
Selama liburan pun kamu bisa beli elektronik kantor yang sempat tertunda karena sibuk dengan urusan kantor. Berhubung kantor yang selama ini menjadi tempat bergulat dengan pekerjaan akan ditinggalkan setidaknya dalam sepekan bahkan lebih. Maka kamu tidak boleh meninggalkannya dalam keadaan tidak rapi dan tidak ada jaminan aman. Berikut tips merapikan kantor menjelang libur hari raya:

1.   Pastikan Pekerjaan Beres

Bingung Bagaimana Harus Resign? Coba Lakukan dengan Cara Sopan IniTips pertama agar siap meninggalkan kantor untuk libur lebaran tanpa gangguan adalah membereskan semua urusan pekerjaan. Tanggung jawab beli elektronik kantor maupun komunikasi dengan para pelanggan sebaiknya dituntaskan. Mulailah mengerjakan pekerjaan yang sifatnya urgent, sehingga tidak diburu pekerjaan di tengah liburan.
Tidak kalah penting adalah mengaktifkan fitur message away untuk memberi balasan otomatis pada para klien dan supplier. Sehingga selama liburan kamu tidak perlu menanggapi chat maupun telepon terkait urusan kantor.

2.   Merapikan Komputer

Merapikan Data dan File Komputer | Meutia RahmahKomputer di kantor tentu akan ditinggalkan dalam beberapa hari, jauh lebih aman jika dirapikan dan dicabut kabelnya dari stop kontak. Antisipasi jika di tengah libur lebaran kantor terendam banjir, maka bisa mencegah konsleting. Tidak lupa juga untuk beli elektronik kantor dulu sebelum liburan untuk mengganti komputer yang rusak.
Selain itu, usahakan melakukan backup data terutama semua pekerjaan kantor. Sebab tidak akan ada yang bisa menjamin bahwa data di komputer kantor tetap aman dan tidak akan hilang selama ditinggal libur panjang. Jadi, gunakan flashdisk dari kantor untuk mem-backup data. Jika sudah beli elektronik kantor maka bisa ditaruh juga di memori komputer baru tersebut.

3.    Membersihkan Meja dan Laci

Area meja kerja termasuk laci di bawah perangkat elektronik yang baru dibeli dari agenda beli elektronik kantor juga perlu dibersihkan. Buang semua kertas dan sampah yang tidak diperlukan. Jangan sampai meninggalkan sisa makanan di meja atau laci, supaya saat masuk kantor tidak mencium bau tidak menyenangkan.
Semua dokumen kantor terbaiknya di rapikan, rapikan pula area laci yang meskipun tidak tampak. Tentu akan mempengaruhi kenyamanan saat kembali bekerja. Kamu pun bisa bekerja lagi dengan nyaman pasca liburan, tanpa khawatir meja kotor atau terlupa beli elektronik kantor.

4.    Membuat Rencana Kerja Setelah Liburan

Sebelum libur lebaran dimulai, selain arus mengeksekusi rencana beli elektronik kantor yang baru. Juga perlu menyusun rencana kerja, yakni berisi agenda kerja yang harus dikerjakan pasca liburan. Hal ini penting agar mood dan semangat bekerja kembali tetap tinggi.
Supaya lebih aman dan tidak muda lupa, catatan mengenai rencana kerja juga bisa disimpan di perangkat komputer. Bisa juga ditulis di note kecil dan ditempel di elektronik yang disediakan dari agenda beli elektronik kantor.